Tuesday, December 23, 2014

pengalaman ikut test CPNS sistem CAT 2014

entah ini tes CPNS keberapa.. tapi ini yang pertama kali ikut tes CPNS dengan sistem CAT (computer asissted test) dari namanya aja udah ketauan kan kalo worksheet nya pake komputer. awalnya gw males banget ikut tes beginian lagi, males ribet ngumpulin syarat dokumennya.. tapi pas ada pembukaan CPNS Prov Jabar, dan liat syaratnya gak ribet, entah kenapa langsung semangat..
seperti yang gw bilang disini  dan disini demi masa depan, nah ini maksudnya (ikut tes cpns--lagiii----)  hehehe...

akhirnya setelah berkas beres, kirim ke POS gw sengaja beli buku latihan CAT, dan simulasi CAT dari website menpan.go.id sambil tunggu kabar dan alhamdulillah, gw lulus seleksi administrasi, H-4 pengumumannya.. gw antara excited dan bingung, alisha gimana? akhirnya titip ke mama sambil bismillah dalam hati, semoga alisha gak rewel gw tinggal setengah hari...

selama latihan, gw atur strategi cara belajar (itung-itung obati kangen masa-masa belajar dan genting pas mau ujian ) hahaha... belajarnya gak bisa full, bukan anak gadis lagi.. kepotong ini itu, tapi inshaallah beberapa materi penting udah gw rumusin termasuk latihan supaya score nya minimal ya minimal.. karena CAT ini sistem perhitungan lulusnya untuk di ranking, bukan dari total tapi dari tiap materi dalam 1 test tersebut. jadi gini, test awal itu namanya TKD (tes kemampuan dasar) disini ada 3 materi yang diujikan :
1. TWK (test wawasan kebangsaan),
2. TIU (test intelegensi umum) dan
3. TPK ( tes kepribadian)
 nah, masing-masing materi terdiri dari 30-35soal, penilainnya gak ada minus, kalo benar scorenya 5 kalo salah ya 0. sementara kalo TPK score nya skala 1-5.

dan dari 3 materi tersebut, syarat lulus (masuk perhitungan) itu ada nilai ambang batas ( passing grade ) lihat foto dibawah ini :
source : website bkd.jabarprov.go.id


total score min 271, tapiiii.... kalo total score nya 300, belom tentu lulus.. lihat dulu nilai per materi, karena kalo 1 materi nilainya kurang dari passing grade meskipun yang 2 materi nilainya jauh diatas passing grade, maaf.. gak bisa masuk perhitungan. gereget gak sih?

nah, pas hari H gw deg-degan.. bisa gak bisa gak? bismillah aja deh, pas mulai tes sebenernya yang paling berat menurut gw adalah.. matematika, entah kenapa paling males liatnya meskipun sebenernya gampil surampil (kalo bisa) cuma ngitung jarak, kecepatan, deret ahahha.. payah gw :p
dan, gw paling gak suka soal cerita bahasa indonesia yang panjang, akhirnya gw skip.. waktunya itu 90 menit 100 soal, ya itung deh 1 soalnya butuh berapa menit (sumpah gak suka ngitung) hahhaa..


strategi gw saat itu, kerjain soal yang pendek dulu, kalo ada soal panjang macam soal cerita gw skip, termasuk matematika.. enaknya sistem CAT itu, kalo ada soal yang mau diskip tinggal pencet tombol lambang next, kalo mau balik lagi tinggal liat di kolom nomor soal, yang warnanya merah itu yang belom diisi, tinggal klik. kalo salah juga tinggal klakklik kolom nomor soal-klik nomor soal-ganti jawaban-klik simpan deh.. kalo masih pake LJK dan pensil sih haduuh kebayang deh kudu hapus dulu buletin lagi..

nah, setelah beberapa soal yang menurut gw udah aman, baru deh kerjain yang matematika (cieee..gaya) pas liat timer dan bandingin sama angka warna merah, kayaknya ga akan cukup, akhirnya gw isi asal-asalan dulu.. lahaula deh hehe.. jadi gw pindah soal lagi, menuju soal cerita dan silogisme, setelah aman, baru deh sisa waktunya gw pake buat revisi jawaban di soal matematika..
di ruangan udah disiapin kertas kosong+pensil kok jadi aman (but prepare is better).
dari waktu 90 menit tersebut, sisa waktu gw 3 menit, gw pake buat cek kolom warna, takutnya masih ada warna merah. dan menjelang 5 detik gw klik selesai ujian hehe.. pfyuuhh..alhamdulillah, abis itu ngisi kuesioner dan tadaaaa... keluar hasilnya..oiya, hasil ujian ini langsung hadir depan mata kita di komputer kita, jadi yakin deh no politik.. insyaallah aamiin yaa..

dan gw pasti dag-dig-dug-der.. percaya gak percaya. nilainya masuk loh buat diperhitungkan.. alias lulus TKD, meskipun minimal sih hahah.. untuk TPK : 147 , TWK : 70 , TIU: 75 totalnya 292 (jangan lupa dicatet nilainya pas nilainya muncul yaa) tapi masih belum jaminan gw lulus masuk ke instansi yang dituju hii. 
muka gw hepi, hati tenang dan lega dan gak berhenti bersyukur.. kebalikan sama sebelah kanan-kiri gw, sebelah kanan&kiri gw, nilainya 300an tapi salah 1 materi nilainya 60 so.. skip..
beres ujian sambil nunggu dijemput, gw liat di papan pengumuman, udah ditempel nama peserta+nilainya per sesi (gw sesi II) .. dan alhamdulillah ternyata gw gak salah liat dan gak salah nulis...

sekarang, tinggal nunggu pengumuman panselnas aja, karena sistemnya kan nanti di ranking sesuai formasi, nah.. dari 1400an peserta yang lulus administrasi dan (kemungkinan) ikut tes semua, cuma 173 formasi.. jadi ya bismillah ya allah kalo memang ini rezeki dan jodohnya...

ga suka hitungan, sukanya makan sambil foto

No comments:

Post a Comment